Makanan Sehat Yang Cocok Bagi Penderita Kanker Pankreas

Kanker Pankreas
Makanan Sehat Yang Cocok Bagi Penderita Kanker Pankreas

Kanker Pankreas – Kanker pankreas menjadi buah bibir banyak orang, khususnya setelah menyebabkan kematian pada desainer dan direktur Chanel, Karl Lagerfeld. Penyakit yang sering hadir tanpa diketahui oleh penderitanya itu memang lebih mengincar pria, meski tak menutup kemungkinan untuk terjadi pada wanita.

Terkait kanker pankreas, dr. Nadia Octavia mengatakan bahwa penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui pasti. Namun, terdapat beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalaminya. Faktor risiko yang dimaksud, meliputi:

  • Merokok
  • Obesitas
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Genetik
  • Diabetes tipe 2
  • Pola makan tidak sehat

Makanan untuk penderita kanker pankreas

Terdapat beberapa makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker pankreas. Beberapa makanan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Beragam buah dan sayur

Dilansir dari Healthline, makanan yang tinggi antioksidan adalah yang terbaik untuk penderita kanker pankreas. Untuk itulah, World Cancer Research Fund International merekomendasikan penderita kanker pankreas untuk makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran.

Untuk buah, beri, jeruk, dan buah yang mengandung antioksidan tinggi lainnya adalah pilihan yang terbaik. Sedangkan untuk sayur, jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah yang terbaik. Sayuran yang dikonsumsi sebaiknya dimasak terlebih dulu dengan cara dikukus atau direbus. Hal ini dilakukan agar pencernaan penderita kanker pankreas tidak terlalu bekerja ekstra, dan supaya terhindar dari beragam bakteri berbahaya.

  • Protein tanpa lemak

Penderita kanker pankreas juga membutuhkan asupan protein tanpa lemak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, protein tanpa lemak juga dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Adapun beberapa jenis protein tanpa lemak yang bisa ditemukan dengan mudah dan tidak sulit dicerna, antara lain telur, selai kacang, tahu, ikan, dan daging unggas.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks yang kaya serat tidak meningkatkan kadar gula darah secepat karbohidrat sederhana. Sehingga, penderita kanker pankreas bisa mendapatkan asupan energi yang tinggi tanpa mesti khawatir. Karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan kesehatan penderita kanker tersebut,

Ragam karbohidrat kompleks yang bisa dinikmati, misalnya kentang, kacang polong, kacang-kacangan (tidak digoreng), oatmeal, dan beras merah.

  • Teh hijau

Selain air putih dan jus buah, penderita kanker pankreas juga disarankan untuk mengonsumsi teh hijau. Sebab, teh jenis ini mengandung polifenol yang tinggi sehingga bersifat antikanker.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari zamanblog, selain bermanfaat untuk penderita kanker dan baik bagi penderita penyakit jantung, antioksidan yang terkandung dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kesehatan penderita Alzheimer dan bersifat antimikroba.

  • Lemak sehat

Tubuh penderita kanker tetap membutuhkan lemak. Akan tetapi, jenis lemak yang dibutuhkan adalah lemak sehat, bukannya lemak trans seperti yang ditemukan pada gorengan.

Lemak sehat berguna untuk memasok energi dan membantu menjaga suhu inti tubuh. Beberapa sumber lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi, yaitu minyak zaitun, kacang-kacangan yang tidak digoreng, dan alpukat.

  • Makanan yang mesti dihindari

Penderita kanker pankreas sebaiknya menghindari ragam makanan, seperti daging merah, daging olahan, makanan berminyak, berlemak trans, dan yang digoreng secara deep fried. Selain itu, minuman beralkohol, makanan dan minuman yang tinggi gula, serta makanan yang kosong gizi alias hanya mengandung karbohidrat sederhana dan diolah dengan berbagai perisa maupun pewarna juga wajib dihindari. Sebab, jenis asupan tersebut hanya akan membuat sistem pencernaan terganggu dan memperburuk kondisi.

Penderita kanker pankreas seperti mendiang Karl Lagerfeld wajib memperhatikan segala makanan maupun minuman yang dikonsumsi setiap hari. Jika hal tersebut tidak dilakukan, bukan tak mungkin sel kanker akan semakin ganas menggerogoti dirinya dari dalam.

Comments closed