Pakai Face Oil Sebaiknya Sebelum atau Setelah Pelembap, Ya?

Pakai Face Oil
Pakai Face Oil Sebaiknya Sebelum atau Setelah Pelembap, Ya?

Pakai Face Oil – Selain rajin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan toner wajah, banyak perempuan yang kini melengkapi rutinitas perawatannya dengan pakai face oil. Sayangnya, mungkin Anda kerap kali dibingungkan dengan urutan pakai face oil ini. Idealnya, face oil digunakan sebelum atau setelah moisturizer (pelembap), ya?

Apa manfaat pakai face oil?

Tekstur face oil memang sesuai dengan namanya, yakni berminyak dan cukup kental. Semua tipe kulit wajah, baik itu normal, kering, berminyak, atau sensitif, boleh pakai face oil.

Selayaknya skin care pada umumnya, face oil juga menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kulit. Nah, sebelum beralih mencari tahu urutan pakai face oil yang tepat, kenali dulu manfaat skin care yang satu ini.

  • Melembapkan kulit
    Bagi Anda pemilik kulit kering, face oil merupakan salah satu produk skin care yang mujarab untuk mengatasi keluhan ini. Ini karena face oil memiliki kandungan minyak yang cukup banyak, sehingga mampu melembapkan kulit yang kering dan dehidrasi.

Permasalahan kulit yang kering, berisisk, dan kemerahan pun bisa diperbaiki dengan rutin pakai face oil sesuai urutan perawatannya. Sementara untuk pemiliki kulit berminyak dan sensitif, face oil juga bisa digunakan secara rutin.

Pasalnya, beberapa kandungan di dalam face oil dapat membantu meredakan jerawat dan aman untuk kulit sensitif. Akan tetapi, agar lebih aman, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu di bagian kulit mana pun pada tubuh jika Anda pemiliki kulit sensitif.

  • Mencegah munculnya keriput
    Berbagai jenis face oil ada yang dikemas dengan campuran antioksidan di dalamnya. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas.

Termasuk bermanfaat untuk mencegah timbulnya keriputi, bintik hitam, maupun tanda-tanda penuaan dini lainnya pada kulit.

  • Meredakan kemerahan
    Menariknya lagi, urutan pakai face oil yang tepat dapat membantu mengatasi kulit yang sedang meradang dan kemerahan akibat jerawat.

Kuncinya, sebaiknya pilih jenis face oil dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan minyak argan, maupun face oil dengan kandungan retinol.

Urutan pakai face oil, sebelum atau setelah moisturizer?

Setelah mengetahui berbagai manfaat face oil, tentu Anda semakin tidak sabar untuk memakainya, bukan? Namun, tunggu dulu. Penting untuk mengetahui urutan pakai face oil dalam serangkaian produk skin care Anda.

Secara garis besar, ada dua kelompok face oil. Pertama, yakni oil dengan tekstur ringan (dry atau light oil) dan oil dengan tekstur berat (wet atau heavy oil).

Sesuai dengan namanya, kandungan partikel oil yang memiliki tekstur ringan cenderung sangat kecil sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Berbeda dengan oil bertekstur berat, yang terasa cukup kental sehingga perlu waktu agak lama untuk menyerap pada kulit.

Pada dasarnya, urutan pakai face oil bisa sebelum maupun setelah moisturizer alias pelembap. Dengan catatan, hal ini disesuaikan kembali dengan kandungan pada oil dan pelembap, serta tipe kulit Anda.

Berikut perincian urutan pakai face oil yang tepat:

Sebelum pelembap
Jika jenis face oil tersebut merupakan oil dengan tekstur ringan, Anda bisa menggunakannya sebelum pelembap. Dengan begitu, saat dipakai di wajah, oil akan lebih mudah menyerap sehingga tidak butuh waktu lama untuk beralih ke pemakaian produk selanjutnya.

Pemakaian sebelum pelembap juga bisa dilakukan ketika face oil tersebut tidak memiliki kandungan atau manfaat tertentu. Alias face oil hanya berfungsi untuk melembapkan kulit saja. Terakhir, sebaiknya letakkan urutan pakai face oil sebelum pelembap bila di dalam pelembap tersebut ada kandungan SPF-nya.

Di sini, penggunaan pelembap setelah face oil bertujuan untuk mengunci semua produk yang sudah Anda gunakan di wajah.

Setelah pelembap

Aturan lainnya, face oil juga bisa dipakai setelah penggunaan pelembap. Berbeda dengan penggunaan sebelum pelembap, face oil yang dipakai setelah pelembap merupakan jenis oil bertekstur berat atau heavy oil.

Terlebih jika tipe kulit Anda termasuk sangat kering bahkan cenderung dehidrasi. Maka, urutan pakai face oil sebaiknya disisipkan setelah penggunaan pelembap, sehingga tidak akan merusak pelembap yang sudah dioleskan di wajah.

Di samping membantu mengunci semua produk skin care yang telah dipakai sebelumnya, face oil dengan tekstur berat ini juga lebih sulit menyerap di kulit.

Itu sebabnya, apabila digunakan sebelum pelembap, otomatis akan butuh waktu lama untuk menunggu sampai face oil terserap dengan sempurna.

Sebelum atau sesudah pelembap

Penggunaan face oil dibebaskan sebelum maupun sesudah pelembap, ketika tidak ada kandungan tertentu yang ditujukan untuk perawatan kulit.

Bagi Anda dengan tipe kulit normal, berminyak, atau normal cenderung berminyak, juga diperboleh menempatkan urutan face oil kapan pun. Entah itu sebelum pakai Pelembap maupun sesudahnya.

Terlepas dari aturan-aturan tersebut, Anda disarankan untuk selalu membaca keterangan penggunaan produk yang ada di kemasan face oil. Biasanya, ada aturan penggunaan yang dicantumkan untuk membantu memudahkan Anda dalam memakai face oil.

Cara lainnya, Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai kandungan di dalam face oil tersebut. Kemudian kenali apakah oil yang akan Anda gunakan masuk ke dalam golongan yang bertekstur ringan atau berat.

Comments closed