Perangi Narkoba, Unpad Kerja Sama dengan Badan Narkotika Nasional

Universitas Padjadjaran berkomitmen Memerangi Narkoba. Komitmen ini diwujudkan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk dapat berkontribusi terutama pada upaya preventif narkoba.

Demikian disampaikan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad saat memberikan sambutan usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Drs. Heru Winarko, S.H., di Auditorium Dekanat Fakultas Farmasi Unpad, Jatinangor, Kamis (6/9).

Rektor mengatakan, tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi bukan hanya berupaya memenuhi target-target konservatif, yaitu mencetak sarjana, master, dan doktor, tetapi sejauh mana dapat berkontribusi pada permasalahan bangsa ini.

“Poin penting yang harus kita pahami bersama adalah sinergi di antara kita. Sulit kita mengatasi permasalahan ini jika tidak berkolaborasi dan bersinergi,” kata Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Heru Winarko juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Unpad mengenai perkembangan dan ancaman narkoba, pencegahan narkoba, hingga berbagai upaya yang dilakukan BNN dalam memerangi narkoba. Penjelasan ini diharapkan menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi sivitas akademika Unpad.

“Ada tiga ancaman bangsa, yaitu radikalisme, korupsi, dan narkoba. Ketiganya ini berbahaya tapi pendapat saya yang paling berbahaya adalah narkoba. Ketiganya ini menyerang psikis, tetapi kalau narkoba juga menyerang fisik, “ ungkapnya.

Upaya pencegahan narkoba di lingkungan kampus dinilai sangat penting dilakukan. Menyongsong kesiapan Indonesia menghadapi bonus demografi 2030 mendatang, diharapkan para generasi muda bebas dari narkoba.

“Yang di depan saya ini (mahasiswa-red) adalah bagian dari bonus demografi, karena Indonesia 2030 itu Indonesia Emas. Bisa nomor tiga atau empat ekonomi dunia. Kalau bonus demografinya kena narkoba, bukan bonus lagi namanya, beban demografi,“ pungkas Heru.

Di akhir acara, Rektor mengatakan bahwa tak jarang perguruan tinggi melakukan penemuan-penemuan baru yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Nyatanya, dengan kompleksitas yang ada, Unpad sangat membuka diri.

“Dengan adanya info-info dari BNN ini diharapkan menjadi materi yang membuat kami lebih tahu apa yang tepat untuk kami lakukan. Karena selama ini produk-produk yang kami keluarkan sudah luar biasa, ternyata tantangannya belum tentu seperti itu, “ ujarnya.*

Comments closed